Sunday, 25 November 2012

SEJARAH DESA KERTAWINANGUN, KUNINGAN

SEJARAH DESA KERTAWINANGUN, MANDIRANCAN, KUNINGAN

Menurut sesepuh desa, orang pertama yang menginjakan kaki di desa Kertawinangun dan sekaligus sebagai pendiri Padepokan Winangun adalah Buyut Resep (pada pada masa itu belum mengenal nama desa akan tetapi masih sebutan Padepokan). Dia kemudian diangkat menjadi kuwu pertama di padepokan tersebut pada sekitar tahun 1408 M dan beliau memimpin Padepok

an sampai tahun 1518 M.

Selanjutnya, kepemimpinan Buyut Resep digantikan oleh Buyut Windu yang berasal dari Padepokan Luragung. Buyut Windu kemudian menjadi kuwu ke dua di Padepokan Winangun beliau memimpin Padepokan dari tahun 1518 M sampai wafat (meninggal) pada tahun 1585 M.

Setelah wafat, Buyut Windu digantikan oleh Ki Ageng Kertarasa alias Mangun Tapa yang berasal dari Cirebon. Masa kepemimpinan Ki Ageng Kertarasa sebagai kuwu ke tiga pada tahun 1585 M sampai tahun 1605 M,Pada masa kepemimpinan Ki Ageng Kertarasa awal mula dibukanya hubungan dengan Kasultanan Cirebon dibawah pimpinan Syech Syarif Hidayatullah (Sunang Gunungjati).

Setelah wafat beliau digantikan oleh Ki Ageng Sumpena kemudian beliau memimpin Padepokan Winangun pada tahun1605M sampai tahun 1620 M. Selanjutnya kuwu ke lima ialah Ki Ageng Taruna yang memimpin Padepokan Winangun pada tahun 1620 M sampai tahun 1638 M.

Setelah itu pada masa kolonialisme Belanda dan Jepang pada tahun1638 M sampai tahun 1945 M mulai diperkenalkan sebutan desa, Tepatnya pada tanggal 9 Desember 1739 Padepokan Winangun diganti menjadi Desa Induare. Sedangkan kuwu yang memimpin pada saat itu adalah Buyut Kertajaya yang berasal dari Padepokan Linggasana Cilimus pada tahun 1638 M sampai tahun 1742 M.

Kepemimpinan kuwu ke tujuh yakni Buyut Sastra Sujatma, menjadi masa bersejarah bagi masyarakat Desa Induare. Hal ini karena pada tanggal 11 Desember 1946 (12 Rabiul Awal 1366 H) Desa Induare diganti nama menjadi Desa Kertawinangun entah dari mana kata Kertawinangun di ambil, yang jelas sanpai saat kini nama desa masih Desa Kertawinangun.